Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install File APK (Application Package) Melalui Komputer dan Android Secara Manual

Cara Install File APK (Application Package) Melalui Komputer dan Android Secara Manual - Banyak diantara kita pengguna android sering mengajukan pertanyaan dari judul artikel ini, bahkan ada beberapa user sudah mendownload file Apk tersebut namun tidak mengerti cara menggunakan dan menginstallnya, baik di tutorial kali areahape.com akan membahas secara tuntas, ini dikarenakan di situs ini sendiri banyak menyediakan file berupa Apk, jadi sia-sia dong saya berbagi kalau tidak tahu memakainya hehe.

Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kita ketahui dahulu apa itu APK atau (Application Package). Apk yaitu Sama seperti sistem Windows PC menggunakan .exe file untuk menginstal perangkat lunak, Android juga sama. File APK adalah format file yang digunakan untuk menginstal perangkat lunak (biasanya permainan atau aplikasi) pada sistem operasi Android.

Dan biasanya file Apk default atau bawaan dari pabrik tidak dapat di uninstall, dan bagaimana cara nya agar dapat di uninstall ? Baca:  Cara root Hp android tanpa menggunakan komputer dengan mudah dan aman. Disana akan dijelaskan secara akurat cara root android dengan mudah.

Tanpa basa-basi panjang, berikut Cara Install File APK (Application Package) Melalui Komputer dan Android Secara Manual, ikuti tutorial secara seksama agar proses peginstalan dapat berjalan dengan lancar.

Cara Install Android APK di Ponsel Android Secara Manual

Ikuti langkah-langkah install Android APK menggunakan File Manager di Ponsel Android.

Langkah 1 – Download Aplikasi atau Games dengan ekstensi APK. Sebagai contoh disini Android populer beri nama BBM 2.12.0.9.apk.

Langkah 2 – Download File Manager di Google Play Store untuk dapat menjelajahi dan menginstall Android APK di Ponsel Android. Bila File Manager sudah ada di android kamu, abaikan langkah 2.

Langkah 3 – Sekarang masuk Settings -> Applications -> beri tanda centang pada “Unknown sources”.

Atau untuk Android 4.0 keatas silakan masuk Settings -> Security -> gulir kebawah dan beri tanda centang pada “Unknown sources”. Pilih OK ketika ada peringatan keluar.

Langkah 4 –  Jika kamu download lewat komputer, silakan hubungkan ponsel Android ke komputer dan salin BBM 2.12.0.9.apk ke memori ponsel Android kamu menggunakan kabel USB.

Langkah 5 – Cabut kabel USB pada ponsel Android dan arahkan ke folder dimana BBM 2.12.0.9.apk berada.

Langkah 6 – Pilih BBM 2.12.0.9.apk dan akan muncul popup install, klik install dan proses install Android APK di ponsel Android secara manual sedang berjalan.
Selesai.

Bagaimana cara menginstal file APK (application package) di Android?


Copy .apk file kedalam SD card atau ke Memori internal.
1. Sambungkan android anda ke port USB komputer anda.


2. klik dua kali ikon My Computer pada desktop.


3. Klik dua kali pada nama perangkat anda.


4. Klik dua kali untuk membuka "Internal storage" atau "SD card" tempat file yang anda ingin anda salin berada. (Misal.memori internal)


5. Seret dan tempatkan file APK android ke folder pada perangkat anda.


Aktifkan sumber tidak diketahui

1. Klik  "Settings"


2. Pilih "Security"

3. Centang kotak  "Unknown sources"


Menginstal file APK secara manual


1. Sentuh " File manager"


2. Gunakan "File manager" Untuk mencari aplikasi APK dan sentuh file APK untuk membukanya.


3. Sentuh "install" Untuk menyelesaikan instalasi.


Sumber image and tutorial from Asus.com

Itulah beberapa bagaimana Cara Install File APK (Application Package) Melalui Komputer dan Android Secara Manual, saya rasa dari penjelasan diatas dapat dengan mudah dimengerti, apabila ada pertanyaan, cantumkan unek-unek anda dikotak komentar dibawah.