Komponen-komponen dalam komputer dan cara kerjanya

Mengingat kemajuan teknologi semakin canggih, mau tidak mau kita harus bergelut di era internet, terhubung dari internet sudah pasti mendukung berbagai alat untuk dapat mengakses dunia maya, dimana dengan pesatnya ilmu pengetahuan perkembangan alat-alat canggih pun bermunculan seperti Gadget-gadget (sistem android & Ios), Laptop, Ipad, Komputer dan lain-lain. Dari awal perkembangannya komputer adalah salah satu alat pertama kali yang digunakan sebagai media yang menghubungkan kita ke dunia maya, walaupun sudah agak jadul, komponen komputer tetap menjadi primadona sebagai alat penunjang mengakses internet, tidak hanya dapat digunakan sebagai alat koneksi internet, komputer juga paling banyak dipakai sebagai bermain game berat terutama berkapasitas game besar dan online.

Dibandingkan dengan laptop dan gadget memang memiliki kelebihan dan kekurangan yang signifikan, perangkat keras komputer memiliki kekurangan tidak bisa dibawa-bawa karena ukuran terlalu besar dan bila dilihat dari kelebihan komputer memiliki komponen-komponen yang jauh lebih baik dari laptop dan gadget.

Dalam pembahasan kali ini androidpopuler.com akan mengulas secara detail mengenai Komponen-komponen dalam komputer dan cara kerjanya, yang sebagian dari kita ada yang belum mengerti bagaimana sebenarnya perangkat keras ini bekerja. Tujuan utama dari ulasan ini yaitu memberi arahan bagaimana kita merawat, mengetahui, memperbaiki komponen yang ada dikomputer. Jangan hanya bisa memakai tapi tidak tahu merawat dan memperbaiki komputer, sementara anda setiap hari bahkan setiap saat menggunakan komputer.

komputer
HP Computers

Baik untuk hal pertama kita akan menguraikan alat komponen perangkat keras atau Hardware yang ada dibagian komputer, bila diibaratkan mahluk hidup, merupakan jantung dan paru-paru nya komputer.

Hardware komputer terdiri dari beberapa bagian :
1. Motherboard
2. Chip Processor
3. VGA (video graphics array)
4. RAM (Random Acces Memory)
5. Hardisk
6. Power supply
7. Kipas Prosesor

1. Motherboard
Papan Ibu ? Bukan! jangan diterjemahkan kebahasa Indonesia tidak nyambung, Motherboard merupakan sebuah komponen perangkat keras yang terdapat di bagian komputer berfungsi sebagai pendukung kinerja dari CPU, bisa dikatakan motherboard merupakan induk dari komponen komputer, karena dijadikan sebagai dudukan dengan alat-alat lain dan juga program penggerak yang menghubungkan jalur-jalur konektor ke hardware lainnya.
Seperti ini penampakannya :
Motherboard Gaming
Image from Asrock gaming
2. Chip Processor
Perangkat keras berbentuk kecil yang merupakan komponen komputer paling penting, ini diibaratkan otak dari komputer, pengembang dari processor paling terkenal yaitu Intel Inside. Terdapat ditengah motherboard komputer. Processor inilah yang sering disebut sebagai CPU ( Central Processing Unit) dimana berfungsi sebagai mengatur dan mengendalikan alat-alat yang ada dikomputer baik input maupun output. Jika dibahas secara detail mengenai Processor ini akan memakan banyak lembar buku, jadi inti dari cara kerja chip ini yaitu Pengendali, pengatur atau pengontrol didalam komputer.
Gambar :
Prosesor
Image from www.pcstats.com
3. VGA (video graphics array)
VGA merupakan komponen komputer yang sangat penting untuk tampilan graphic. VGA juga sering disebut sebagai video card, video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter. Istilah VGA sendiri juga sering digunakan untuk mengacu kepada tampilan gambar.

Jika anda seorang gamer sudah pasti anda membutuhkan VGA yg beresolusi tinggi seperti game Dota2 dan Pointblank, apabila VGA anda berkualitas rendah maka game akan terasa berat dan lambat atau orang warnet sering menyebutnya Ngelag. Inti dari penggunaan VGA yaitu memaksimalkan kinerja komputer terutama dibagian Graphic.
VGA
Image From Newegg.com
4. RAM ( Random Acces Memory)
RAM adalah Hardware yang memiliki kinerja penting di komputer, tidak jauh beda dengan kegunaan VGA, hanya saja disini RAM berfungsi sebagai penyimpanan data sebelum digunakan mengakses atau membagikan data ke komponen lain. Intinya RAM berfungsi sebagai penyimpanan data untuk sementara, sebelum di bagikan melalui processor secara acak. Untuk saat ini tipe RAM ada bermacam-macam dan yang paling umum digunakan yaitu RAM DDR2 dan RAM DDR3.
RAM
Image from www.fonersbook.com
5. Hardisk (HDD)
Hardisk/hard drive adalah perangkat keras berbentuk petak tebal yang didalamnya terdapat piringan penyimpan data secara magnetis. Alat ini pertama kali di ciptakan oleh Reynold Jonson pada tahun 1956, pada saat itu ukuran masih besar dan kapasitas hanya sebesar 4,4 Mb. Dengan kemajuan jaman Hardisk saat ini sudah memiliki kapasitas terbesar mencapai 3 TB (terra byte) dengan ukuran 3 inci.
Fungsi utama dari Hardisk ini yaitu komponen komputer yang berguna sebagai penyimpan data didalam komputer HDD juga saat sudah ada yang berupa External, layaknya seperti usb dapat dicolokkan.
Hardisk

Hardisk
6. Power Supply
Power supply adalah komponen komputer yang berfungsi sebagai pengantar arus daya (listrik), alat ini juga pemberi tegangan untuk komputer. Power supply dirancang sebagai alat pengontrol tegangan listrik, dapat menyesuaikan arus masuk dan keluar.
Memiliki cabang kabel yang dihubungkan keberbagai komponen yang ada didalam komputer, seperti kontak langsung ke motherboard, vga dan kipas komputer.
Fungsi kabel power supply
Image from dunovteck.wordpress.com
7. Kipas Processor
Komponen ini terdapat diatas chip processor, dimana memiliki peranan cukup penting yaitu berfungsi sebagai alat pendingin processor dan motherboard, apabila kipas processor tidak bekerja dengan baik maka dampaknya kekomputer akan lelet dan lambat, perlu diperhatikan agar sewaktu-waktu kipas di beri minyak pelumas agar perputaran kipas tetap lancar, sehingga tidak mengganggu kinerja komputer.
kipas processor
Image from tokopedia.com
Demikian pembahasan Komponen-komponen dalam komputer dan cara kerjanya, semoga dengan artikel diatas dapat membantu rekan sahabat dan mengetahui apasaja yang ada didalam komputer. Ulasan diatas hanya membahas hardware (perangkat keras) saja, dilain waktu akan saya update mengenai perangkat lunak komputer.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Komponen-komponen dalam komputer dan cara kerjanya