Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Play Store yang bermasalah di Android/ELTEKNO

Sudah ke haidro- Permasalahan atau error yang ada pada android terutama aplikasi play store, bisa saja terjadi kapan pun, selama hp android anda gunakan. Kesalahan cenderung terjadi karena koneksi server yang error atau bisa saja salah dalam penginstalan apps, sehingga tidak dapat mendownload aplikasi baru di play store.

Banyak kendala atau penyebab suatu aplikasi yang ada di android mengalami fatal error, kalau di teliti secara seksama mungkin kita ketahui apa penyebab play store bermasalah di android. Tapi itu bukanlah tujuan untuk mengetahui lebih dalam.
Foto : Infoc urse.com
Seperti hal nya android mengalami restart sendiri itu juga termasuk problem yang banyak terjadi kepada pengguna android khususnya. Namun hal yang sering didapati dalam permasalahan tidak dapat men-download atau meng-update aplikasi apapun melaui play store apps ini. Biasanya, pesan yang akan keluar ketika anda ingin download atau update beragam-ragam jenisnya seperti tidak dapat terhubung ke server, mengalami gangguan koneksi, google play error, chache tidak mendukung, versi android kurang memadai, kalau bahasa inggris seperti Unfortunately, the process com.google.process.gapps has stopped, error retrieving information from server RPC:S-5:AEC-0, RPC:S-7, atau RPC:S-3 dan lain-lain penyebabnya.

Lantas bagaimana kita harus mengatasi play store android ini ? Berikut akan kita rangkum menjadi satu pembahasan sehingga memudahkan dalam perbaikan :

Cara mengatasi Unfortunately, the process com.google.process.gapps has stopped pada android?
Pertama, Silahkan buka android anda dan cari setting atau pengaturan 
Kedua, Selanjutnya buka manager aplikasi 
Ketiga, Setelah manager aplikasi terbuka maka akan terdapat 3 tab (didownload, berjalan, dan semua), maka arahkan dengan cara menggeser hingga terbuka di "Semua" 
Keempat, Klik opsi dan pilih "reset preferensi aplikasi" 
Kelima, Selanjutnya hanya tinggal klik reset preferensi aplikasi. Dengan cara sederhana, data yang ada di hp android anda tidak akan terhapus jadi akan tetap aman sekali. 
Atau dengan simple nya lihat gambar dibawah ini :
Mengatasi Play Store yang bermasalah di Android

Kalau cara di atas belum berhasil coba cara ini:
Pertama, coba hapus dulu pembaharuan / update playstore. Masuk ke menu Setelan – Aplikasi pilih Google Play Store. 
Kedua, Copot Pemasangan Pembaharuan dan Paksa Berhenti, kemudian juga Hapus Cache dan Hapus Data. 
Ketiga, Hapus akun Gmail yang sekarang dipakai. Setelah dihapus, kemudian kamu coba login atau buat akun gmail baru. 
Keempat, ganti pengaturan APN di hp Android, coba gunakan APN yang sesuai dengan operator yang kamu pakai saat ini. 
Kelima, Jalan terkahir adalah silahkan format android anda, ini merupakan cara terakhir yang saya lakukan jika memang cara-cara di atas sudah tidak bisa di gunakan.

Cara mengatasi error retrieving information from server RPC:S-5:AEC-0, RPC:S-7, atau RPC:S-3 pada android :
Pertama, coba ke Setting dan hapus akun Google kamu (Remove Account). Kemudian masukkan kembali akun tersebut melalui pilihan Add Account>Google. (Di ganti dengan email baru juga bisa) 
Kedua, klik Setting dan pilih Application Manager (atau Apps)>All. Klik aplikasi dengan nama Download Manager, dan klik Clear Data. Lalu cari lagi aplikasi lain dengan nama Google Play Service dan Google Play Store, kemudian klik Clear Data
Ketiga, Done coba buka kembali Google Play Store dan lakukan tes dengan men-download aplikasi tertentu. 
Apabila langkah tadi berhasil, maka pesan RPC error atau Kesalahan mengambil informasi dari server tidak akan muncul kembali dan kamu bisa kembalimendownload aplikasi sesukamu.

Bila ada yang kurang paham dari penjelasan mengenai Mengatasi Play Store yang bermasalah di Android diatas dapat memberi komentar dibawah atau menghubungi admin. Semoga bermanfaat. Terimakasih.